AKU DAN TEKNOLOGI | MATEMATIKA & ILMU ALAMIAH DASAR

Nama: Nisya Dea Safitri
NPM : 115183443
Kelas : 1PA02


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seiring perkembangan zaman segala kebutuhan hidup manusia semakin dipermudah karena ilmu pengetahuan juga semakin berkembang. Para penemu menerapkan ilmunya dan melewati ratusan kegagalan demi menemukan suatu alat yang dapat mempermudah manusia dalam beraktivitas nantinya. Alat tersebut inilah yang sering kita sebut sebagai teknologi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan menurut

Dewasa ini teknologi tidak dapat luput dari genggaman misalnya telepon genggam atau handphone, televisi, laptop, mesin cuci, setrika, dan lain sebagainya. Teknologi memiliki dampak positif bagi penggunanya namun juga dampak negatif jika pengguna tersebut tidaklah bijaksana dalam mengoperasikan atau menggunakan terknologinya. Maka dari itu kebijakan pengguna juga perlu diperhatikan. Teknologi membuat kita dapat melanglang buana tanpa harus pergi ke tempat tersebut, berkomunikasi dengan negara tetangga tanpa perlu bertatap muka langsung, itu semua karena adanya teknologi yang cukup menggunakan internet saja. Namun juga dapat melalaikan para penggunanya hingga tidak mengenal waktu kapan harus berhenti.

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat, misalnya laptop yang dahulu berpenampilan tebal dan juga berat namun sekarang laptop sudah jauh lebih tipis dan ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Saya pribadi juga menggunakan berbagai macam jenis teknologi karena mempermudah saya dalam melakukan aktivitas contohnya laptop untuk mengerjakan tugas, menyimpan data-data, mempresentasikan sesuatu dengan media ini, handphone untuk berkomunikasi jarak jauh dan menerima informasi tanpa harus menunggu lama seperti kertas surat, mesin cuci sehingga mempermudah dan mempercepat waktu pengerjaan untuk mencuci sehingga dapat menghemat waktu, dan lain-lain.

Namun, tak dapat dipungkiri teknologi juga dapat menjadi musuh terbaik kita. Mengapa musuh terbaik? Karena tidak hanya mempermudah, membuat nyaman hingga akhirnya terlenakan. Adapun oknum-oknum tidak bertanggung jawab seringkali membuat berita atau informasi yang tidak sepantasnya dibagikan dalam internet karena pengguna adalah semua umur. Walaupun pihak internet sudah memberikan garis batasan dan keamanan tetap akan ada oknum yang pandai meretas dan terus menyebarkan berita kosong. Pengawasan orangtua perlu dilakukan secara ketat sehingga anak-anak yang masih dibawah umur dapat memahami baik dan buruknya suatu informasi.


Kesimpulannya adalah teknologi memang memberikan kenyamanan, kemudahan dalam beraktivitas namun teknologi perlu diseimbangkan dengan kebijaksanaan para pengguna sehingga dapat menjauhkan dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU BUDAYA DASAR | Lingkungan Kita